Minggu, 09 Agustus 2015

Media Wireless LAN

Media Wireless LAN


     Wireless LAN adalah “jaringan yang menghubungkan dua atau lebih perangkat menggunakan beberapa metode distribusi nirkabel dan biasanya menyediakan koneksi melalui jalur akses ke internet yang lebih luas”.
Ada pendapat juga, Wireless LAN itu adalah sekumpulan komputer (dua atau lebih) dalam jaringan area lokal yang saling terhubung tanpa menggunakan kabel dengan media udara / gelombang sebagai jalur lintas datanya. 
     Pada dasarnya Wireless LAN sama saja dengan jaringan LAN seperti biasanya. Sama sama merupakan jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan lainnya. Perbedaannya terletak pada media sebagai jalur lintas data yang digunakan. Pada LAN media sebagai lintas data menggunakan kabel sedangkan pada Wireless LAN media jalur lintas datanya menggunakan media radiowave / udara. Jadi untuk menghubungkan setiap device node menggunakan media wireless, frekuensi channel serta SSID sebagai identitas dari wireless device.


     Jaringan WLAN didasari pada spesifikasi IEEE 802.11 dengan varian :

– 802.11b yaitu WiFi – Wireless Fidelity dengan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi hingga 11Mbps, band frekuensi 2,4 Ghz.
– 802.11a WiFi5 dengan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi hingga 54 Mbps pada frekuensi 5Ghz
– 802.11g berkecepatan 54 Ghz dengan frekuensi 2,4 Ghz.

Komponen Wireless Local Area Network
Beberapa komponen Wireless LAN adalah sebagai berikut :
– Access Point
  • Alat untuk mentransmisikan data. Fungsinya mengirim dan menerima data sebagai buffer data. AP menkonversi sinyal frekuensi radio menjadi sinyal digital yang akan disalurkan melalui kabel atau disalurekan ke perangkat WLAN yang lain dengan dikonversi ulang menjadi sinyal frekuensi radio.
– Antena External
  • Digunakan untuk memperkuat daya pancar
– Wireless LAN Interface
  • Merupakan alat tambahan yang dipasangkan pada PC.Disebut juga sebagai Wireless LAN Adapter USB.
– Mobile / Desktop PC
  • Perangkat akases yang sudah harus terpasang media Wireless LAN Interface baik PCI ataupun USB.


Cara Kerja Wireless LAN
Ada 3 komponen yang dibutuhkan agar komponen-komponen yang berada dalam wilayah jaringan wireles bisa sukses dalam mengirim dan menerima data, komponen-komponen tersebut adalah :
  • Sinyal Radio
  • Format Data
  • Struktur Jaringan
     Masing-masing dari ketiga komponen ini berdiri sendiri-sendiri dalam cara kerja dan fungsinya. Setiap komponen yang disebutkan diatas masing-masing komponen berada dalam lapisan yang berbeda-beda. komponen-komponen tersebut bekerja dan mengontrol lapisan berbeda.
     Wireless LAN bekerja dengan menggunakan gelombang radio yang menjalar dari pengirim ke penerima melalui free space, line of sight dan tiap sinyal pada jalur yang berbeda-beda memiliki level kekuatan, delay dan fasa yang berbeda-beda.
     Sebuah wireless LAN mengirim data dalam bentuk paket. Setiap adapter memiliki no ID yang permanen dan unik yang berfungsi sebagai sebuah alamat dan tiap paket selain berisi data juga menyertakan alamat penerima dan pengirim paket tersebut. Kemudian memeriksa kondisi jaringan sebelum mengirim paket ke dalamnya. Bila jaringan dalam keadaan kosong, maka paket lansung dikirimkan. Bila kartu mendeteksi adanya data lain yang sedang menggunakan frekuensi radio, maka ia menunggu sesaat kemudian memeriksanya kembali.
Kelebihan menggunakan WLAN dapat dilihat sebagai berikut :
  • Akses informasi real time / mobilitas. Sangat mendukung produktifitas  dan peningkatan kualitas pelayanan.
  • Fleksibel. Wireless teknologi memungkinkan suat ujaringan sampati tempat” yang tidak dapat dicapai jaringan kabel.
  • Skalabilitas. Sistem WLAN dapat dikonfigurasikan dalam berbagai tipe topologi. Konfigurasi dapat diubah dengan mudah sesuai jumlah pengguna kecil hingga infastruktur yang kompleks untuk banyak user dalam wilayah luas.
  • Mudahnya instalasi dan cepat. Proses instalasi dapat berlangsung cepat dan mengurangi kebutuhan penarikan kabel yang rumit.








Sumber : https://tukshareaja.wordpress.com/2013/11/03/mengenal-apa-itu-wireless-lan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar